Salah satu jayaherlambang.com siswa piano saya pernah mengatakan kepada saya bahwa setiap kali dia memulai musik baru, dia mulai dengan membaca menu.

Pernahkah Anda pergi ke restoran asing dan hanya memesan makanan Anda? Tidakkah Anda ingin melihat apa yang ada di menu?

Lalu mengapa Anda mulai memainkan lagu baru tanpa memperhatikan apa yang ada di tagihannya?

Anda mungkin sudah mengetahui bahan-bahan musik (istilah dan ekspresi) tetapi Anda mungkin tidak memperhatikannya. Jika Anda ingin terdengar hebat, Anda harus lebih dari sekadar memainkan nada-nadanya.

Memainkan nada yang benar sangat penting untuk performa yang hebat. Tetapi ketika Anda mengeluarkan dinamika, mendapatkan tempo yang tepat dan mengikuti frasa, permainan piano Anda akan menjadi hidup!

Berikut adalah menu musik untuk membantu Anda beralih dari bagus menjadi hebat.

• Minuman

o Clef: Biasanya tangan kanan membaca kunci treble dan kunci bass tangan kiri, tetapi ada pengecualian.
o Daftar: Hanya ada satu tempat yang benar pada keyboard untuk setiap catatan pada staf. Setiap oktaf pada piano memiliki karakternya masing-masing.

• Makanan pembuka

o Tanda Tangan Kunci: Anda perlu menggunakan panduan ini tidak hanya untuk mengingatkan Anda tentang not mana yang harus dimainkan tajam atau datar, tetapi juga agar Anda mengetahui dan mendengar karakter tangga nada dari kunci tersebut (tombol tajam biasanya cerah; tuts datar cenderung gelap).

o Major atau Minor Key: Semua tanda tangan kunci dapat mengidentifikasi kunci mayor atau minor. Pastikan untuk mengetahui yang mana itu. Ini membuat dunia berbeda.

• Sup & Salad

o Tanda Waktu: Kontras terbesar adalah antara duple (kelipatan 2) dan triple (kelipatan 3). Putuskan yang mana sebelum Anda mulai bermain.

o Indikasi tempo (pengaturan metronom): Memutar lagu dengan kecepatan yang tepat sangat penting. Terlalu lambat, itu akan membosankan dan lamban. Terlalu cepat dan akan terdengar terburu-buru dan dapat dengan mudah menyebabkan kecerobohan dan kesalahan.

• Hidangan Utama

o Dinamika: Ini adalah panduan Anda untuk bermain pada volume yang tepat. Haruskah bagian ini keras atau lembut? Suatu tempat di antara? Atau apakah volumenya meningkat secara bertahap (crescendo) atau menurun (diminuendo)?

• Pesanan sampingan

o Tanda ekspresi: Tanda frase (garis lengkung) akan menunjukkan di mana musik perlu bernafas. Pikirkan ini seolah-olah Anda sedang bernyanyi atau memainkan klarinet. Untuk mendapatkan efek ini pada piano, angkat tangan Anda dari keyboard di akhir setiap frasa.

o Artikulasi: Perbedaan terbesar adalah antara legato (halus & terhubung) dan staccato (terpisah), tetapi Anda perlu memperhatikan nada beraksen dan banyak lagi.

• Makanan penutup

o Lirik, era, dan genre: Ini tentu dapat membantu Anda mengungkap rahasia gaya yang akan membantu Anda menyajikan karya dalam konteks yang benar. Entah itu Bach atau The Beatles, Scarlatti atau Sinatra atau sesuatu di antaranya, Anda akan tahu perasaan apa yang dibutuhkan komposisinya.

Latihan Aksi

Berikut adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan segera untuk mewujudkan ide-ide ini.

Pertama, pilih bagian baru yang benar-benar ingin Anda pelajari. Sebelum Anda mulai memainkan not, cari semua item menunya. Gunakan daftar di atas sebagai panduan.

Kedua, setiap kali Anda mempraktikkan bagian ini, masukkan tiga bahan menu pertama saat Anda mempelajari catatannya. Catatan: Anda harus berlatih lebih lambat di awal saat mempelajari nada, tetapi saat Anda siap, pilih kecepatan yang paling sesuai.

Ketiga, tambahkan polesan pada permainan Anda dengan menggunakan paruh kedua daftar menu sebagai panduan Anda untuk menemukan elemen musik penting lainnya.

Jika Anda ingin bermain piano dengan lebih ekspresi, lebih ahli, dan lebih antusias, selalu ingat untuk memulai dengan membaca menu. Anda akan memiliki resep sukses yang dijamin, dan…… Anda akan kagum betapa cepatnya permainan piano Anda akan terdengar hebat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.